Wisata Alam - Maribaya

maribaya - lembangObyek wisata Maribaya yang di ketinggian diatas 1000 meter menawarkan banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan. Obyek wisata seluas 5,5 hektar ini memiliki daya tarik mata air panas mineral, air terjun, hingga panorama hutan yang elok. Yuk kita telusuri satu per satu.

Terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Bandung atau 5 kilometer di Timur Lembang, udara disini sangat sejuk. Yang uniknya, ada sebuah mata air panas disini. Kalau ingin menikmati air panas, pihak pengelola sudah menampung air tersebut ke dalam sebuah kolam. Kolam berukuran sekitar 20x10 meter ini berisi air panas bersuhu 20-40 derajat celcius. Ketika melihat airnya yang berwarna kekuningan, jangan berpikir bahwa kolam tersebut kotor. Kuningnya air ternyata berasal dari kandungan mineral belerang yang tinggi.

Kalau dirasa kurang pede berendam bersama banyak orang di kolam air panas, silahkan saja masuk ke dalam kamar-kamar mandi berisi air panas yaang sudah dialirkan ke bak-bak. Privasi anda akan lebih terjaga disini. Namun terdapat batas waktu yang ditentukan kalau anda memilih masuk kamar pemandian. Sekitar 20 menit saja. Berbeda dengan kolam, mau semalaman juga boleh. Tarif yang ditawarkan juga murah yaitu Rp 2750 untuk orang dewasa dan Rp 1250 untuk anak-anak.

"Obyek Wisata Maribaya ini memang ditargetkan sebagai tempat wisata air panas alternatif, dengan artian, tidak perlu jauh-jauh ke Ciater kalau mau bermain air panas," ujar Endang Sehabudin, Kepala Keuangan dan Pemasaran Obyek Wisata Maribaya.

"Tarif masuknya juga lebih murah dari Ciater, yaitu Rp.3.250. Kita juga buka 24 jam, jadi kapan saja ingin berendam air panas, bisa langsung datang," tambahnya.

Selain menawarkan mata air panas, Maribaya juga dialiri dua buah sungai, yaitu Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Dua sungai tersebut membentuk tiga buah air terjun. Ada Curug (air terjun) Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Namun dari ketiga air terjun tersebut, hanya Curug Cikawari yang dasarnya cukup dangkal, sehingga bisa dipakai bermain air.

Selain mata air panas dan air terjun, pesona lain Maribaya yang membuat pengunjung betah berlama-lama adalah sejuk dan asrinya alam pegunungan. Memang diakui Endang, daya tarik suasana alam pegunungan memang menjadi daya jual utama Maribaya. Oleh karena itu, keasrian obyek wisata ini benar-benar dipertahankan.

"Dihari minggu, banyak orang yang sekedar datang, datang ke Maribaya, menggelar tikar, makan-makan, ya sekedar piknik saja. Udaranya kan enak, setelah makan tidur-tiduran. Sore pulang," ungkap Endang. "Memang suasananya sangat alami, nyaman, dan mendukung untuk kumpul-kumpul," tutupnya.

Diberdayakan oleh Blogger.